Tips dan Trik Membuat Video Musikalisasi Puisi


Selain melalui deklamasi biasa, puisi juga bisa disampaikan lewat cara musikalisasi. Penambahan aransemen musik bukan hanya dapat membantu menguatkan nuansa puisi yang dibawakan, tetapi juga membuatnya lebih menghibur.

Sudah banyak di zaman ini, video musikalisasi yang berkeliaran di media-media sosial. Baik di Facebook, YouTube, Instagram, ataupun di media sosial lainnya. Memang, hal semacam itu pun menarik. Sebab, bisa mendengarkan sebuah tulisan yang puitis sehingga bisa menyentuh ke dalam hati. Oleh karena itu, video musikalisasi puisi pun banyak yang menggemarinya.

Sangat indah kalau sebuah puisi yang hanya berupa tulisan bisa dijadikan musikalisasi. Tentu, itu pun memerlukan keahlian khusus dalam membawakannya. Memang, di samping itu pun ada yang lebih diutamakan adalah pemilihan musiknya dan backgroundvideo yang pas.


Dalam mencari background video dan background musik itu hal yang paling sulit jika dibandingkan dengan mengeditnya. Sebab, memilih kedua macam itu harus mempunyai kejelian dalam menangkap isi puisi yang ingin disampaikan. Nah, hal itulah yang menjadikan dilema para editor video musikalisasi puisi.

Berikut ini beberapa tips dalam membuat video musikalisasi puisi

1. Siapkan puisi yang akan digunakan

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan mentiapkan puisi apa yang akan kamu gunakan, karena kedepanya akan menyesuaikan dengan backsound puisi serta video yang akan digunakan. Oleh karena itu penentuan puisi ini menjadi hal yang sangat penting. Untuk puisi sendiri kamu bisa membuatnya, atau mencari referensi dari puisi yang sudah pernah dibuat oleh orang lain, namun alangkah baiknya jika kamu membuat puisi sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing, biasanya jika membuat sendiri itu akan lebih unik nan indah.

2. Pahami makna dari puisi yang disiapkan sebelumnya

Setelah memilih puisi yang akan digunakan, selulruh team yang akan membuat musikalisasi puisi harus memahami betul arah puisi yang akan kamu gunakan, moodnya galau, bahagia, atau yang lainya. Seluruh team harus memahaminya, agar mendapatkan musikalisasi puisi yang indah baik secara audio ataupun secara visualnya.

3. Mencari backsound musik yang sesuai

Pencarian backsound ini kamu bisa cari di youtube dengan kata kunci "backsound musikalisasi puisi no copyright". harus ada tulisan "NO COPYRIGHT" karena kita tidak boleh sembarangan dalam mengambil audio milik orang lain, atau jika kamu bisa lebih memahami, kamu bisa mengambil atudionya melalui youtube studio itu akan lebih aman dari copyriht.

Memilih backsound ini juga harus disesuakan dengan mood dari puisi yang digunakan, misalnya jika pusiisnya sedih maka backsoun nya juga harus sedih

4. Recording audio menyesuaikan backsound musik

Proses recording agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan microfon profesional, namun apabila belum memiliki, kamu bisa memanfaatkan smartphone yang kamu gunakan untuk merekan suara yang akan digunakan, tentunya kamu harus memanfaatkan alat yang kamu gunakan.

Seperti yang kita ketahui, bahwansanya smartphone bukan alat yang digunakan untuk recording yang sesungguhnya, oleh karena itu jika ingin recording menggunakan smartphone harus mencari tempat yang jauh dari keramaian, tidak bising, suara sekecil AC pun harus dihindari untuk mendapatkan haisl yang maksimal.

Proses rocording harus sambil mendengerkan audio yang sudah dipilih sebelumnya dengan menggunakan hetshet, agar suara sesuai dengan audio yang telah dipilih.

5. Recording video menyesuaikan mood dalam puisi yang dipilih

Setelah rekaman suara, kemudian rekaman video yang menjadi topik utama pembahasan kita, recoring video dengan menggunakan teknik-teknik yang telah dipelajari selama ini. pengambilan gambar juga harus disesuaikan denga mood puisisnya, misalkan dalam keadaan sedih, maka ekspresi orang didalam video tersebut juga harus dalam keadaan sedih dan sebagianya.

6. Editing dengan aplikasi yang sesuai

Tahapan terkahir adalah editing, dimana editor menjadi tombak ujung sebuah musikalisasi puisip menjadi indah atau tidak. Aplikasi editing sangatlah banyak, tergantung dari mana yang ingin kamu gunakan.


Demikian 6 tips dalam membuat video musikalisasi puisi, semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar