Souq Store

header ads

Tahapan Proses Produksi Siaran TV

Tahapan Proses Produksi Siaran TV
Tahapan Proses Produksi Siaran TV


Dalam terjadinya proses produksi sebuah siaran TV yang bagus seperti yang kita lihat lihat, dibelakagnnya terdapat banyak orang orang yang sudah profesional di bidangnya masing-maisng. Beirkut ini beberapa tahapan produksi siaran televisi yang akan kita pelajari saat ini.

Proses Produksi Program Televisi

Pengertian dasar dari produksi program televisi yaitu merencanakan sebuah produksi program televisi, seorang produser profesional akan diharapkan pada lima hal sekaligus yang Program TV Informasi Hard news (straight news, features, infotainment) Soft news (magazines, talk show, documntary) Entertainment Drama (sinetron, film, cartoon) Permainan (quiz show, ketangkasan) Pertunjukan 59 memerlukan pemikiran, yaitu materi produksi, sarana produksi (equipment), biaya produksi (financial), organisasi pelaksana produksi, dan tahap pelaksanaan produksi. Berikutadalah hal yang perlu diperhatikan dalam memproduksi program televisi, diantaranya:

a. Materi Produksi

Bagi seorang produser, materi produksi dapat berupa apa saja kejadian, pengalaman, hasil karya, benda, binatang, dan manusia merupakan bahan yang dapat diolah menjadi produksi yang bermutu.Suatu kejadian yang istimewa biasanya merupakan materi produksi yang baik untuk program-program dokumentar atau sinetron. Tentu saja kejadian itu masih harus dilengkapi dengan latar belakang kejadian dan hal-hal lain yang perlu untuk menjadikan program itu sebuah program yang utuh. Untuk itu, masih diperlukan riset yang lebih mendalam agar semua data yang bersangkut-paut dengan materi produksi itu lengkap. 
Dari hasil riset, muncul gagasan atau ide yang kemudian akan diubah menjadi tema untuk program dokumentar atau sinetron (film televisi). Tema ataupun konsep program kemudian diwujudkan menjadi treatment. Treatment adalah langkah pelaksanaan perwujudan gagasan menjadi program.Dari treatment akan diciptakan script atau langsung dilaksanakan produksi program. Dari sinilah penyempurnaan konsepprogram dapat dilaksanakan sehingga menghasilkan script atau program yang baik.

b. Sarana Produksi

Sarana produksi adalah sarana yang menjadi penunjang terwujudnya konkret, yaitu hasil produksi. Tentu saja diperlukan kualitas alat standar yang mampu menghasilkan gambar dan suara secara bagus. Ada tiga unit pokok peralatan yang diperlukan sebagai alat produksi yaitu unit peralatan perekam gambar, unit peralatan perekam suara, dan unit peralatan pencahayaan. Kualitas alat standart dari ketiga unit tersebut menjadi pertimbangan utama seorang produser ketika ia mulai dalam perencanaan produksinya. Selebihnya berfungsi sebagai penunjang peralatan produksi. Seperyi alat transportasi untuk produksi luar studio dan unit studio dengan dekorasi untuk produksi dalam studio

c. Biaya Produksi

Seorang produser harus memikirkan sejauh mana biaya produksi itu untuk memperoleh dukungan financial dari suatu pusat produksi atau stasiun televisi.

d. Organisasi Pelaksanaan Produksi

Supaya pelaksanaan shooting dapat berjalan dengan lancar, produser harus memikirkan penyusunan organisasi pelaksanaanproduksi yang serapi-rapinya. Dalam hal ini, produser dapat dibantu oleh asisten produser, ia mendampingi sutradara dalam mengendalikanorganisasi.

Posting Komentar

0 Komentar