Header Ads

Header ADS

Jenis - Jenis Power Suplay dan Penjelasanya

Power supply merupakan salah satu komponen penting pada komputer. Tanpa adanya power supply yang mumpuni, komputer anda tidak akan berfungsi dengan baik. Dalam artian luas, power supply merupakan perangkat yang menyediakan dan mengalirkan energi listrik untuk perangkat-perangkat lainnya dengan arus DC (searah).

Seiring berjalannya waktu, sudah berkembang beberapa jenis power supply untuk komputer. Di antaranya jenis AT, ATX, dan juga BTX. Ternyata ada beberapa perbedaan dari jenis power supply ini. Apa sajakah perbedaannya? Berikut informasi selengkapnya.

Fungsi penting dari power supply

Power supply memiliki fungsi yang sangat penting bagi komputer. Dimana secara teknis, power supply berfungsi untuk melakukan konversi dari listrik yang memiliki arus AC menjadi listrik yang berarus DC. Listrik dengan arus AC adalah listrik yang berasal dari sumber PLN, dimana merupakan kependekan dari Alternate Current. Sedangkan listrik DC merupakan listrik yang memilki sistem arus Direct Current atau arus langsung, dimana arus inilah yang dibutjkan oleh setiap komponen dan juga rangkaian perangkat keras di dalam komputer untuk bisa menyala dan juga beroperasi secara maksimal. 

1. Power Supply AT



Power Supply AT atau Advance Technology ditujukan untuk motherboard jenis AT. Motherboard AT ini sendiri merupakan motherboard lama yang sering digunakan untuk processor seperti pentium 3 dan 4. Power Supply AT ini mempunyai daya listrik yang cukup rendah yaitu kurang dari 250 watt hingga 250 watt.

Power supply AT ini sendiri adalah power supply yang memang khsusus dibuat untuk penggunaan motherboard jenis AT ini. power supply AT ini memiliki beberapa ciri – ciri tersendiri. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari power supply AT :

  • Kabel daya listrik pada power supply AT ini menggunakan konektor dengan jumlah pin sebanyak 12 buah
  • Power supply AT rata – rata memilki daya listrik yang cukup rendah, yaitu berkisar antara 250 watt atau kurang dari 250 watt
  • Power supply AT ini memiliki tombol off yang tidak otomatis mati pada saat komputer di shut down. Hal ini membuat user harus mematikan komputer setelah melakukan shut down, dimana biasanya muncul tulisan berupa “it’s now safe to turn off yout computer”. Apabila anda pernah menggunakan komputer dengan Pentium 3 hingga 4, maka anda pasti sudah familiar dengan command seperti itu.
Karena merupakan salah satu power supply dengan teknologi lama, dan hanya mampu mengeluarkan daya sebesar 250 watt saja, dan penggunaan motherboard AT yang sudah tidak digunakan lagi, maka otomatis, penggunaan power supply AT ini mandek, alias sudah tidak digunakan lagi sebagai power supply standar komputer.

2. Power Supply ATX



Power Supply ATX atau Advance Technology Extended merupakan power supply yang paling banyak digunakan saat ini. Dibandingkan dengan seri AT, ATX ini memiliki daya listrik yang lebih besar.

Power supply ATX ini biasa digunakan untuk kepentingan motherboard ATX, dan biasanya banyak digunakan pada CPU yang memiliki processor AMD, processor Intel Pentium III dan juga intel Pentium IV.

Ada beberapa poin penting yang menjadi ciri – ciri utama dari penggunaan power supply ATX ini. berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari power supply ATX :

  • Sudah memiliki sistem oof tersendiri, sehingga hal ini membuat power supply bisa mati secara otomatis ketika komputer melakukan proses shutdown, berbeda dengan power supply AT yang harus dimatikan terlebih dahulu secara manual.
  • Power supply ATX ini memiliki daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan power supply AT, sehingga cukup membantu dalam menyalakan komputer yang membutuhkan daya yang besar
  • Power supply ATX menggunakan konektor pembangkit daya yang terdiri dari 20 pin konektor
Power supply ATX ini masih banyak digunakan, mengingat masih banyak komputer dengan processor AMD yang beredar di pasaran masih menggunakan motherboard berjenis ATX ini.

3. Power Supply BTX



Power supply yang yang terakhir yaitu seri BTX. Power supply jenis ini memiliki dua macam kabel power yakni kabel power dengan 24 pin yang mengarah ke motherboard, dan kabel sata yang memiliki 15 pin. Kelebihannya dibandingkan dengan Power Supply seri sebelumnya adalah efisiensi dayanya relatif lebih baik.

BTX sendiri mengaci pada motherboard dengan jenis yang sama, yaitu BTX, yang memiliki kepanjangan berupa Balanced Technology eXtended. Power supply BTX ini merupakan jenis power supply yang saat ini banyak dijual di pasaran, dan juga umum digunakan, salah satunya karena kapasitas daya listriknya yang bervariasi, mulai dari yagn rendah hingga yang besar, sehingga hampir cocok dengan semua jenis processor dan juga CPU yang saat ini banyak beredar. (Baca Juga: Fungsi CPU Komputer, Processor Paling Tinggi Saat Ini)

Ada beberapa ciri – ciri utama dari power supply BTX ini. berikut ini adalah beberapa ciri – ciri utama dari power supply BTX :

  • Terdiri dari dua macam kabel, yaitu kabel power yang mengarah ke motherboard, sebanyak 24 pin, dan juga kabel sata, yang memiliki 15 pin
  • Memiliki daya listrik yagn jauh lebih besar, cocok untuk PC khusus, seperti gaming, desain dan juga 3D
  • Memiliki efisiensi daya yang relative jauh lebih baik dibandingkan jenis power supply lainnya
  • Power supply akan otomatis mati ketika melakukan shut down.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam  penulisan ataupun penguploadtan artikel ini, mohon berikan kritik dan saran, yang sifatnya membimbing dan membantu bagi Admin agar nantinya Admin perbaiki web ini agar lebih baik lagi. Dan semoga kalian bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari web ini.

Source :
  1. https://www.promediacom.id/blog/mengenal-berbagai-macam-jenis-power-supply
  2. https://dosenit.com/hardware/power-supply/jenis-jenis-power-supply-dan-fungsinya
  3. https://blog.dimensidata.com/macam-jenis-tipe-power-supply-dan-penjelasannya/
  4. https://denizarc.wordpress.com/2015/12/22/pengertian-fungsi-dan-jenis-power-supply/
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seputar informasi lainya :

[ Berita Yasmida ] - [ Berita Pringsewu ] - [ Berita Ambarawa ] - [ Materi Umum ] - [ Materi TKJ ] - [ Terknologi ] - [ Tutorial Umum ] - [ Kuliah ]

Seputar Website Ini :
[ About ] [ Contact ] [ Pripacy Police ] [ Disklaminer ]

Ikuti Juga Media Sosoal Saya ;
[ Facebook : Suan ID ] [ Instagram : suanto379 ] [ Twitter : Suanto Alfarandi ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.