Belajar Excel : Rumus Dasar Excel Part 1
Misalnya adalah:
Bidang Akuntansi
Kalkulasi Matematis
Pengelolaan Data
Pembuatan Grafik
Operasi Tabel
1. Fungsi SUM (Penambahan)
Rumus SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat. Cara menggunakannya, tahap pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus sum berikut ini. Misalnya, =SUM(D2:E2) atau seperti gambar di bawah ini:
Kemudian, jika sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya. Seperti pada gambar di bawah ini
2. Fungsi Max

Berbeda dengan fungsi Sum dan juga fungsi AVERAGE yang sudah kamu ketahui sebelumnya,fungsi ini memiliki fungsi untuk menemukan data dengan jumlah paling besar dalam range data yang sudah kamu tentukan. Berikut adalah bentuk penulisan rumus dari fungsi MAX :
=MAX(number1, number2,…). |
Meski memiliki fungsi yang berbeda, number yang dituliskan dalam rumus fungsi MAX masih mewakili hal yang sama yaitu jarak data yang kamu ingin kamu ketahui jumlah terbesarnya. Contoh dari range data B7 hingga N7, maka untuk mengetahui angka terbesar dari data tersebut kamu harus menuliskan rumus =MAX(B7:N7).
3. Fungsi MIN

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan fungsi MAX, fungsi MIN akan membantu kamu menemukan data dengan jumlah terkecil dalam range data yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Berikut adalah bentuk penulisan dari fungsi MIN:
=MIN(number1, number2,…). |
Cara menggunakan rumus ini hampir sama dengan menggunakan rumus MAX, kamu cukup mengganti kata “MAX” dengan kata “MIN”. Dari range data A2 hingga A3, maka untuk mengetahui angka terkecil dari data tersebut kamu harus menuliskan rumus =MIN(A2:A3).
Meskipun fungsi MAX dan fungsi MIN sangat terlihat sepele, fungsi ini bisa menjadi sangat berguna ketika jumlah data yang kamu olah mencapai ratusan hingga ribuan data.
Sebagai contoh yang paling sederhana saja ketika seorang guru harus mengelola ratusan data dari siswa yang terdaftar dari sekolah tersebut. Maka fungsi MAX dan MIN akan membantu guru tersebut untuk menentukan nilai tertinggi dan nilai terendah siswanya.
4. Fungsi AVERAGE (Rata-Rata)

MS Excel ternyata juga menyediakan rumus Average. Rumus ini akan dibutuhkan ketika kamu harus menemukan nilai rata-rata yang dihasilkan dari kumpulan data atau range yang sudah kamu input. Untuk bisa menggunakannya, berikut adalah penulisan rumusnya :
=AVERAGE(number1, number2,…). |
Hampir sama dengan penulisan rumus fungsi SUM, number dalam penulisan rumus fungsi Average juga mewakili range data yang akan kamu kalkulasikan jumlah rata-ratanya.
Sebagai contoh setelah menjumlahkan range B7 hingga N7, dan kamu ingin mengetahui jumlah rata-rata dari data tersebut; alih-alih menuliskan kata “SUM”, kamu cukup menggantinya dengan kata “AVERAGE” kemudian tekan tombol Enter. Kurang lebih bentuk penulisan rumus fungsi AVERAGE akan menjadi =AVERAGE(B7:N7).
Source:[https://review.bukalapak.com/techno/5-formula-dasar-ms-excel-yang-harus-diketahui-pemula-61866]
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun penguploadtan artikel ini, mohon berikan kritik dan saran, yang sifatnya membimbing dan membantu bagi Admin agar nantinya Admin perbaiki web ini agar lebih baik lagi. Dan semoga kalian bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari web ini.Seputar Website Ini :
[ About ] [ Contact ] [ Pripacy Police ] [ Disklaminer ]
Ikuti Juga Media Sosoal Saya ;
[ Facebook : Suan ID ] [ Instagram : suanto379 ] [ Twitter : Suanto Alfarandi ]
Tidak ada komentar