Header Ads

Header ADS

11 Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer - Kalian Harsu Tau

Apa Itu Sistem Operasi?

Secara umum, pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer. Peran utama OS yaitu menjadi penghubung antara tiga komponen utama yang terdiri dari software (aplikasi dan program), hardware (CPU, kartu grafis, monitor, keyboard, dlll), serta brainware (pengguna/manusia).
Tanpa sistem operasi, sebuah komputer, konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal karena OS inilah yang berperan menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan.

Fungsi Sistem Operasi

  1. Sebagai Pengatur Hardware
  2. Menjalankan perintah dasar pada komputer
  3. Mengorganisir dan mengatur berbagai macam Aplikasi
  4. Menterjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis
  5. Untuk peran komputer yang lebih optimal

Jenis Sistem Operasi Komputer

Berikut ini merupakan jenis-jenis sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui:\

1. Sistem Operasi DOS

MS DOS
MS DOS
DOS bisa dibilang merupakan nenek moyang dari sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft saat ini. DOS yang juga merupakan singkatan dari Disk Operating System adalah awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM.
Layaknya perangkat komputer versi terdahulu, tampilan dari DOS masih hitam putih, hanya tulisan dan tidak ada gambar yang ditayangkan. Karena masih jadul dan belum ada antarmuka, proses memasukkan intruksinya pun menggunakan tulisan yang kini kita kenal dengan istilah Command Prompt.

Kelebihan Sistem operasi DOS:
– Ringan sehingga tidak menghabiskan banyak memori
– Ukurannya kecil
– Memiliki kompatibilitas tinggi
Kekurangan Sistem Operasi DOS:
– Belum ada antarmuka
– Intruksinya hanya berupa tulisan tidak ada grafis

2. Sistem Operasi Windows

sistem operasi windows
sistem operasi windows
Windows merupakanjenis OS terbesar di dunia yang saat ini banyak di adopsi untuk membantu mengakomodir kebutuhan sehari-hari, mulai dari komputer instansi, akademisi, hingga kebutuhan pribadi. Sekarang ini Windows menjadi OS terbaik mengalahkan Linux dan Operating System lainnya saat ini.
Usai berhentinya proses pengembangan sistem operasi MS DOS, Windows menjadi favorit pengguna karena tampilanya sudah terpasang di hampir seluruh komputer IBM dan komputer lainnya.
OS Windows mampu tampil menarik dengan visual grafis GUI. Sebagai informasi, OS Windows sejatiinya merupakan hasil revolusi dari MS DOS yang beberapa tahun sebelumnya masih berbasis tulisan tanpa gambar.

Kelebihan:
– Tampilan antarmuka User Friendly
– Lebih mudah dalam proses instalasi
– Aplikasi OS Windws melimpah

Kekurangan:
– Tidak open surce
– Berbayar dan lumayan mahal
– Mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah
– Rentan terkena serangan virus

3. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi linux
Sistem operasi linux
Linux diperkenalkan pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 silam. Sistem operasi yang satu ini memliki sifat open-source dimana pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi.

Berkat fleksibilitas ini, rata-rata penggguna linux kerap kali memasang dan melakukan konfigurasi sendiri untuk membangun sistem. Pengguna OS Linux mayoritas juga paham akan teknologi, sehingga perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan OS Windows atau Mac OS yang kebanyakan merupakan pengguna sehari-hari.

Di ranah web hosting, sistem operasi Linux biasanya juga dimanfaatkan sebagai OS untuk komputer server. Anda bahkan bisa memilih versi OS Linux pada serer jika menggunakan layanan VPS Murah yang saat ini sudah banyak di jual di Indonesia.
Kelebihan:
– Open Source
– Gratis tidak ada biaya lisensi
– Perkembangannya sangat kencang karena dikembangkan banyak orang

Kekurangan:
– Tidak dianjurkan bagi pengguna awam
– Aplikasi Linux terbatas
– Cara instal Linux terbilang susah

4. Sistem Operasi MacOS

Sistem operasi linux mac os
Sistem operasi mac os
Mac OS atau singkatan dari Machintosh operating System adalah sistem operasi eksklusif yang hanya terdapat di komputer Apple saja. MacOS yang diluncurkan pada tahun 1984 pertama kali digunakan untuk komputer bernama LISA. LISA tak lain adalah komputer hasil racikan Steve Jobs setelah ia menempuh perjalanan spiritual ke India.
Di atas kertas, pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong relatif lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows. Pasalnya, produk Apple dari dulu sampai sekarang tergolong sebagai perangkat mahal.

Kelebihan:
– Lebih stabil
– Tampilan antarmuka cocok untuk kebutuhan multimedia
– Memiliki keamanan tinggi dan tidak mudah diretas
– Aman dari Virus

Kekurangan:
– Harganya relatif mahal
– Kurang optimal untuk gaming
– Tidak open source

5. Sistem Operasi UNIX

Sistem operasi UNIX
Sistem operasi UNIX
Sama halnya seperti DOS, Unix merupakan jenis OS komputer generasi lawas yang banyak digunakan hingga menjadi cikal bakal munculnya OS masa kini. Saat ini Unix sendiri sudah mempunyai banyak versi yang bisa dipilih oleh pengguna. Terkait keunggulan dan daya tarik utama, ada beberapa aspek yang bisa Anda coba. Namun, dari segi penggunaan Unix saat ini sudah sangat jarang digunakan.
 
Kelebihan:
– Tidak mudah terkena virus
– Gratis dan bisa digunakan cuma-cuma
Kekurangan:
– Tampilan UNIX kurang menarik
– Tidak memiliki banyak pilihan driver

6. Crom OS



Chrome OS adalah salah satu sistem operasi yang terbilang baru. Chrome OS dirilis tahun 2010 yang dikembangkan oleh Google Inc. Sistem operasi Chrome OS sendiri berbasis pada Linux. Chrome OS bekerja secara khusus mengandalkan aplikasi web dari sistem operasi tersebut.

Sistem operasi ini hanya dapat dioperasikan di perangkat keras yang dirancang khusus oleh perusahaan Google dan dapat di gunakan di Chrome book yang di luncurkan oleh beberapa brand Netbook terkenal seperti DELL, ASUS, ACER dan lain-lain.

Penggunaan sistem operasi Chrome OS memang cukup mudah. Sistem operasi ini juga sudah terintegrasi dengan layanan-layanan Google seperti Google Drive, Google Docs dan layanan Google lainnya.


7. Amiga OS

Sistem Operasi Amiga OS merupakan sistem operasi yang cukup lama. Hanya saja keberadaan sistem operasi Amiga OS memang tidak sepopuler sistem operasi lainnya yang ada sekarang. Sistem operasi Amiga OS diperkenalkan pada tahun 1984 oleh perusahaan Commodore Internasional.

Sistem operasi ini memang sangat baik untuk tugas-tugas multimedia, musik dan video. Sistem operasi Amiga khusus untuk perangkat keras berbasis power PC yang dikeluarkan oleh Amiga.

8. Amiga OS



Sistem operasi AIX atau Advanced Interactive executive adalah sebuah sistem operasi berbasis UNIX yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1986. Pada awalnya sistem operasi ini untuk digunakan sebagai Workstation pada perangkat yang menggunakan CPU jenis RISC (Reduced Instruction Set Computer).

Pengembangan sendiri saat itu dikenal dengan nama kode ROMP atau Research Office Products Division Multi Processor. Pada versi pertama AIX telah memiliki proses untuk Virtualisasi dan mendukung layar dengan resolusi tinggi, dimana hal tersebut menjadikannya antarmuka pengguna yang lebih baik pada. Versi terbaru yang telah dikeluarkan IBM sendiri adalah AIX 7.2.4.

10. Be OS



Be OS merupakan sistem operasi komputer yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Be Inc. pada tahun 1991. Be OS pertama kali dirancang untuk dioperasikan pada mesin BeBox. BeOS hanya bisa dioperasikan pada program yang dikembangkan untuk sistem operasi ini. Be OS sendiri tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang.

Be OS sendiri kemudian berkembang dan dimodifikasi agar bisa dioperasikan pada prosesor berbasis Power PC. Be Os merupakan sistem operasi gratis yang banyak disukai banyak pengguna karena banyaknya aplikasi software yang gratis. Be Os sendiri mengeluarkan sistem operasi Zeta untuk versi komersialnya.

11. Sun Solaris



Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun MicroSystem pada tahun 1992. Sistem operasi merupakan pengembangan dari sistem operasi Unix. Sun Solaris merupakan sistem operasi Open Source, dimana user bisa dengan leluasa untuk mengembangkan.

Sun Polaris sendiri kemudian berubah nama menjadi Oracle Solaris setelah pada tahun 2010 diakuisisi oleh Oracle Corporation. Solaris merupakan sistem operasi yang terintegrasi dengan mesin berbasis prosesor SPARC, termasuk di dalamnya untuk aplikasi SPARC 64-bit sejak Solaris 7.


Nah, diatas adalah 11 sistem operasi yang digunakan oleh kebanyakan orang, namun untuk komputer di Negara Indonesai, kebnayakan menggunakan komputer dengan sistem operasi windows, dan untuk sampai saat ini, update windows terbaru sampai dengan windows 10.


Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam  penulisan ataupun penguploadtan artikel ini, mohon berikan kritik dan saran, yang sifatnya membimbing dan membantu bagi Admin agar nantinya Admin perbaiki web ini agar lebih baik lagi. Dan semoga kalian bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari web ini.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seputar informasi lainya :

[ Berita Yasmida ] - [ Berita Pringsewu ] - [ Berita Ambarawa ] - [ Materi Umum ] - [ Materi TKJ ] - [ Terknologi ] - [ Tutorial Umum ] - [ Kuliah ]

Seputar Website Ini :
[ About ] [ Contact ] [ Pripacy Police ] [ Disklaminer ]

Ikuti Juga Media Sosoal Saya ;
[ Facebook : Suan ID ] [ Instagram : suanto379 ] [ Twitter : Suanto Alfarandi ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.