10 jenis Keyboar Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

10 jenis Keyboar Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya


Jenis-jenis keyboard memang menjadi salah satu hal yang kurang diperhatikan. Faktanya, banyak keyboard yang memiliki jenis tersendiri untuk memenuhi fungsi yang berbeda peruntukannya, penasaran apa saja? 

Keyboard, salah satu barang yang wajib mendekorasi di berbagai kantor saat ini. Tidak ayal, banyak orang hingga anak kecil sekalipun paham dan tahu mengenai barang dengan banyak tombol tersebut.

Toppers tentu juga tahu dan paham mengenai fungsi keyboard. Namun, tahukah Toppers bahwa jenis keyboard itu bermacam-macam?

Jenis yang biasa kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari adalah QWERTY dan umum digunakan.

Namun jenis keyboard juga berbeda-beda, baik dari segi peletakan, bentuk hingga komponen yang berubah di dalamnya.

Jenis-jenis keyboard dari segi fisiknya :


1. Keyboard Serial

Keyboard serial menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.


2. Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, Karena port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.


3. Keyboard Wireless

Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.



4. Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB ni dan sangat dominan karena keyboard ini begitu menjamin transfer data lebih cepat.





Jenis-jenis Keyboard dari segi bentuk dan tombol-tombolnya :


1. Keyboard QWERTY

Jenis keyboard QWERTY pertama kali di buat oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878 yang pada saat itu di jadikan sebagai standar mesin tik komersial tepatnya pada tahun 1905. Keyboard jenis Qwerty sampai saat ini merupakan keyboard yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. QWERTY dirancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering di tekan, letaknya terpisah sejauh mungkin sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan dilakukan. Namun walaupun keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa, dalam praktek penggunaanya masih di temukan beberapa kelemahan. Sebagai contoh yang paling nyata dari ketidak efisienan jenis keyboard Qwerty adalah pengetikan huruf “a” yang mana tombol tersebut sangat sering digunakan namun harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.


2. Keyboard DVORAK

Jenis keyboard DVORAK di buat pada tahun 1932 yang di rancang sedemikian rupa agar tangan kanan di bebani lebih banyak pekerjaan di banding dengan tangan kiri. Dari hasil uji coba yang dilakukan DVORAK mempunyai hasil yang lebih efisien antara 10-15% di banding dengan keyboard QWERTY.


3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.


4. Keyboard Maltron

Berbeda dengan keyboard pada umumnya, Maltron dibuat sedikit agak berbentuk cekung ke dalam agar jari-jari pengguna tidak tidak dalam posisi membentuk satu garis lurus. Dengan menggunakan keyboard jenis ini, pembuat keyboard Maltron menjamin akan memberikan kenyamanan pada jari tangan pengguna saat mengetik, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries) pada pengguna. Selain itu keyboard ini juga di klaim mampu meningkatkan kecepatan ketika mengetik karena penggunaan 10 jari dapat di optimalkan dengan baik.


5. Keyboard Chord

Keyboard Chord hanya memiliki beberapa tombol yaitu antara 4 sampai 5 saja. Jika kita ingin memasukkan suatu huruf maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Dari segi ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok jika di gunakan untuk aplikasi yang portable. Dari sisi kecepatan Chord memang bisa diunggulkan karena memiliki kecepatan tinggi, namun masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan pengguna.


6. Keyboard Alphabetik

Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.


7. Keyboard Numeric

Keyboard numeric diciptakan berdasarkan permintaan atau kebutuhan pengguna yang menginginkan penggunaan tombol numeric (numeric keypad) yang tata letaknya bisa memudahkan jangkauan tangan pengguna untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar.
8. Keyboard Mekanikal

Jenis-jenis Keyboar Komputer


Menjadi salah satu jenis keyboard yang mudah diakses dan laku di kalangan umum. Meskipun ditargetkan untuk gamers pada awalnya, namun keyboard mekanikal sejatinya berada di pasar umum.

Untuk bentuk dan desain pun sama dengan keyboard QWERTY, namun komponen menjadi hal pembeda di produk ini.

Keyboard mekanikal menggunakan switch di setiap tombol keyboard yang berfungsi mendaftarkan command ke program.

Dengan kata lain, switch keyboard mempercepat pengantaran informasi kepada program dan lebih cepat menghasilkan ketikan.

9. Keyboard One-Handed

Tidak jauh berbeda dari segi komponen, namun keyboard one-handed atau satu tangan ini dibentuk khusus bagi gamers.

Keuntungannya adalah tidak memakan wilayah meja yang luas serta respon ketikan yang tinggi.

Para pemain menggunakan keyboard yang kerap dipakai dalam bermain game. Harganya pun berada di bawah keyboard mekanikal pada umumnya.

Jenis-jenis Keyboar Komputer


10. Keyboard Virtual

Bukti kemajuan zaman berikutnya hadir melalui keyboard virtual. Mungkin Toppers sering melihat adegan-adegan teknologi di film tentang keyboard tanpa bentuk, namun barang itu sejatinya memang ada.

Dari desain proyeksi virtual memang masih menggunakan desain QWERTY, namun kalian bisa memproyeksikannya hampir di mana saja.

Hal yang tidak sukai dari keyboard satu ini adalah daya ketik yang kurang nyaman karena biasanya berlandaskan meja.
Jenis-jenis Keyboar Komputer



Sekian dulu Jenis-jenis Keyboar Komputer, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Source :
https://www.tokopedia.com/blog/jenis-jenis-keyboard-komputer/
https://kuhitung123.blogspot.com/2016/12/jenis-jenis-keyboard.html
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam  penulisan ataupun penguploadtan artikel ini, mohon berikan kritik dan saran, yang sifatnya membimbing dan membantu bagi Admin agar nantinya Admin perbaiki web ini agar lebih baik lagi. Dan semoga kalian bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari web ini.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seputar informasi lainya :

[ Berita Yasmida ] - [ Berita Pringsewu ] - [ Berita Ambarawa ] - [ Materi Umum ] - [ Materi TKJ ] - [ Terknologi ] - [ Tutorial Umum ] - [ Kuliah ]

Seputar Website Ini :
[ About ] [ Contact ] [ Pripacy Police ] [ Disklaminer ]

Ikuti Juga Media Sosoal Saya ;
[ Facebook : Suan ID ] [ Instagram : suanto379 ] [ Twitter : Suanto Alfarandi ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.