Header Ads

Header ADS

Intruksi Soal UKK Multimedia Tahun 2020 Paket 4

Intruksi Soal UKK Multimedia Tahun 2020 Paket 4
Intruksi Soal UKK Multimedia Tahun 2020 Paket 4

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

TAHUN PELAJARAN 2019/2020


SOAL PRAKTIK KEJURUAN

Satuan Pendidikan  :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian         :           Multimedia
Kode                                               :           2154
Alokasi Waktu                    :           18 jam
Bentuk Soal                        :           Penugasan Perorangan

Judul Tugas             :           Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif

I.         PETUNJUK UMUM


1.             Periksalah dengan teliti dokumen soal ujian praktik.
2.             Baca dan pahami maksud soal agar tidak terjadi kesalahan pekerjaan.
3.             Bekerjalah dengan memperhatikan jadwal dengan alur pengerjaan.
4.             Peralatan utama dan bahan pendukung telah disediakan sesuai dengan kebutuhan.
5.             Dalam bekerja selalu memperhatikan keselamatan kerja dan waktu yang telah di tentukan

II.     DAFTAR PERALATAN


No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi Minimal
Jumlah
1
2
3
4

Alat


1.
Komputer
§  Processor 2,4 GHz
§  RAM 2 GB
§  Keyboard, Mouse USB/PS2/Wireless
§  Harddisk 250 GB
§  DVD/RW
Monitor 15” LCD atau lainnya yang sesuai

1 unit/ siswa
2.
Headset / Earphone
Standard Multimedia
Sejumlahsisiswa
3.
Printer Warna
Inkjet Printer
2 unit
4.
Digital camera
8 MPx
2 unit
5.
Video camera
Mini DV / DVD-RW / DSLR/ HD / Full HD

2 unit
6.
Tripod
Sesuai kebutuhan
2 unit

Komponen


1.
Operating System
Compatible dengan aplikasi pengolah gambar, pengolah animasi dan pengolah audio-video yang digunakan
Sejumlah siswa
2.
Software Digital Imaging
Software Digital Imaging Berbasis Bitmap
Sejumlah siswa
3.
Software 2D Animation
Software Editing 2D Animation
Sejumlah siswa
4.
Software Digital Audio
Software Editing, Penyunting, dan Pengkonversi Audio
Sejumlah siswa
5.
Software Digital Illustration
Software Digital Imaging Berbasis Vector
Sejumlah siswa
6.
Software Digital Video
Software Editing Video
Sejumlah siswa
7.
Software Cover Design
Label Maker atau sejenisnya
Sejumlah siswa
8.
Driver Peripheral
Sesuai merk
Sejumlah siswa
9.
Software lainnya yang diperlukan
Sesuai kebutuhan
Sejumlah siswa

Bahan


1.
Kertas A4/ HVS kosong
Plain
Sejumlah siswa
2.
Kertas Cover DVD
Cover dalam, ditempel
Sejumlah siswa
3.
Keping DVD Kosong
DVD RW
Sejumlah siswa
4.
Ink Jet Paper/Paper matte Cover luar Kertas Cover CD/DVD Case
Cover luar
Sejumlah siswa
5.
DVD Case
Standard
Sejumlah siswa


 

III.        SOAL/TUGAS


Judul Tugas       : Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif TEMA (pilih salah satu):
a.        Bahaya Narkoba
b.        Sanitasi di Sekolah

Langkah Kerja   :
1.        Sebelum memulai pra produksi peserta memperhatikan keselamatan kerja dan waktu yang telah ditentukan
Langkah Kerja:
2.         Persiapan (mengerjakan lembar kerja yang sudah disediakan)
1.   Menentukan KD (Kompetensi Dasar) satu matpel di sekolah
2.   Menentukan Konsep
3.   Menentukan model
4.   Membuat storyboard
5.   Menentukan tipe antar muka
6.   Rancangan tampilan
7.   Menentukan system navigasi
8.   Membuat flowchart
9.   Elemen visual
3.         Proses
1.   Mengkonfigurasi frame size dan fps
2.   Membuat opening interaktif berupa animasi sesuai tema
3.   Membuat desain interface sesuai tema
4.   Membuat halaman menu pada frame atau scene
5.   Mengkonversi format audio, video, gambar sesuai yang dibutuhkan
6.   Memasukkan bahan interaktif gambar, video, sound/sound effect sesuai storyboard
7.   Membuat button
8.   Mengaplikasikan sistem navigasi dengan action script 2.0 atau 3.0
9.   Mempublish projek sesuai format(.*Apk)
4.         Hasil
1.   Burning CD
2.   Mencetak hasil Desain cover CD dan Label
3.   Mengemas CD
4.   Menampilkan hasil Interaktif

IV.        FORMAT PERENCANAAN

Form Pra Produksi

Form Pra Produksi Multimedia Interaktif (MPI)

TUGAS PRAPRODUKSI

Nama Peserta
:
……………………………………………………….
MPI Mata Pelajaran
:
……………………………………………………….
KD
:
……………………………………………………….


1.        Konsep                        : ………………….     (Hirarcycal / non linier)
2.                                                                                                                                     Model                : …………………..     (Tutorial, drill and practice, simulasi, games, hybrid, Socratic, inquiry, instructional)
3.      Storyboard                  : ………………….     (double column)

No
Keterangan
Visual
Audio









4.                                                                                                                                  Tipe antar muka  : …………………   (direct manipulation, menu selection, form fill in, common language, natural language)

5.      Rancangan tampilan awal, main menu, halaman isi (sesuaikan dengan rancangan masing2)
a.    Opening (sketsa)










b.      Main menu (sketsa)









c.       Halaman isi (sketsa salah satu halaman isi)
 










6.      Sistem navigasi                       :………………………….                  (hirarki, Jaringan, kombinasi)
7.      Flowchart / diagram alur navigasi interaktif:

 













8.      Elemen visual yang dipakai:
a.       Dominan warna                             :
b.      Tipe huruf yang dipakai   :
Head line                                       :……………………………..
Materi                                            :……………………….
c.                                                                                                                                Simbol yang dipakai             :………………………..... (button, pilihan menu, next, previous, exit, dll)


Gambar                       :
Button             :
Menu               :
Next-previous :
Exit                             :


d.      Gambar / ilustrasi / foto yang digunakan














e.       Animasi / video yang dipakai:
Screen shoot animasi / video

 






Selamat melaksanakan UKK, semoga kalian bisa melaksanakan UKK dengan sukses, dan jangan pernah puruh asa untuk sesuatu hal yang menyusahkan kalian, karena semua kehidupan manusia pasti akan merasakan yang namanya kesusahan, maka dari itulah berhenti untuk mengeluh, terus berjuang untuk menggapai masa depan yang gemilang.


Amiinn Amiiin Ya Robbal Alaminnn..... :-)
Salam sukses UKK.

Salam Suanto.

nstruksi diatas langsung saya ambil dari website resmi kemendikbud, dengan Link berikut ini, serta artikel ini  Hak Cipta Pada Kemendikbud.
Sumber : http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4578/uji-kompetensi-keahlian-tahun-pelajaran-20192020

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam  penulisan ataupun penguploadtan artikel ini, mohon berikan kritik dan saran, yang sifatnya membimbing dan membantu bagi Admin agar nantinya Admin perbaiki web ini agar lebih baik lagi. Dan semoga kalian bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari web ini.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seputar informasi lainya :

[ Berita Yasmida ] - [ Berita Pringsewu ] - [ Berita Ambarawa ] - [ Materi Umum ] - [ Materi TKJ ] - [ Terknologi Terbaru ] - [ Tutorial Umum ] - [ Kuliah ]

Seputar Website Ini :
[ About ] [ Contact ] [ Pripacy Police ] [ Disklaminer ]

Ikuti Juga Media Sosoal Saya ;
[ Facebook : Suan ID ] [ Instagram : suanto379 ] [ Twitter : Suanto Alfarandi ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.