Header Ads

Header ADS

Kelebihan dan kekurangan kabel Fiber Optik

Fiber optik merupakan sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan sangat kecil daripada kabel lain pada umumnya, bahkan bisa lebih kecil daripada sehelai rambut. Fiber optik juga dapat digunakan untuk menyalurkan sinyal menggunakan cahaya dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Kabel ini biasanya menggunakan cahaya yang bersumber dari laser atau LED, dan memiliki ukuran diameter kurang lebih 120mm.

Scrol ke bagian bawah untuk langsung melihat langsung kelebihan dan kekurangn kabel fiber optik.


Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik
Kelebihan dan kekurangan kabel Fiber Optik

Teknologi fiber optik kini juga sudah mulai dipakai di Indonesia pada jaringan telepon dan internet, salah satu perusahaan yang telah memakai teknologi fiber optik adalah Telkom Indonesia dan digunakan pada produknya yang bernama Indihome Fiber. Namun belum semua daerah bisa menikmati layanan fiber optik ini.
Kelebihan fiber optik
Fiber optik memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kabel lain pada umumnya, seperti berikut ini.
  • Fiber optik mampu menyalurkan data yang lebih banyak dengan kecepatan yang tinggi, bahkan bisa mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan daripada kabel lainnya, sehingga dapat menghemat tempat.
  • Memiliki gangguan yang sedikit, dikarenakan fiber optik tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya.
  • Lebih aman, karena serat optik tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik dapat mengalirkan sinyal lebih jauh jika dibandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik pada umumya. Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater (penguat sinyal), jika diperlukan repeater, biasanya akan diletakkan di jarak yang jauh (sekitar 50-100 km).
  • Tidak berkarat
  • Mmapu untuk menjawab teknologi 5 tahun ke depan dari tahun 2019.

Kelemahan fiber optik
Setiap hal pasti memiliki kelemahan walaupun sangat kecil, termasuk fiber optik. Berikut adalah kelemahan dari teknologi fiber optik.
  • Perawatan dan pemasangan sulit, jika terjadi kerusakan pada kabel fiber optik, maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan sudah ahli pada bidang tersebut.
  • Harga relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel jenis lainnya seperti UTP yang memiliki harga yang terjangkau.
  • Kabel fiber optik tidak bisa diletakkan di belokan yang sangat tajam, ini dikarenakan fiber optik menggunakan cahaya sebagai penghantar sinyal, jika kabel ditekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.
Teknologi fiber optik sangat cepat dalam mentransfer data karena menggunakan cahaya sebagai penghantarnya, seperti yang kita tahu bahwa cahaya. Namun ketahulah bahwasanya teknologi perkabelan dalam dunia internet sat ini sangat terbaru adalah kabel fiber optik.

Source :https://rh-comp.blogspot.com/

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam  penulisan ataupun penguploadtan artikel ini, mohon berikan kritik dan saran, yang sifatnya membimbing dan membantu bagi Admin agar nantinya Admin perbaiki web ini agar lebih baik lagi. Dan semoga kalian bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru yang bermanfaat dari web ini.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seputar informasi lainya :

[ Berita Yasmida ] - [ Berita Pringsewu ] - [ Berita Ambarawa ] - [ Materi Umum ] - [ Materi TKJ ] - [ Terknologi Terbaru ] - [ Tutorial Umum ] - [ Kuliah ]

Seputar Website Ini :
[ About ] [ Contact ] [ Pripacy Police ] [ Disklaminer ]

Ikuti Juga Media Sosoal Saya ;
[ Facebook : Suan ID ] [ Instagram : suanto379 ] [ Twitter : Suanto Alfarandi ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.