Pertama..!! Dibuka Langsung Oleh Kepala Sekolah, Diklat Paskibra SMK Yasmida Ambarawa Tahun 2019

Diklat Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa
Diklat Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.

Bukan hanya di tingkat kecamatan, kabupaten atau nasional, namun saat ini sudah ada paskibra sekolah atau sering disebut dengan PASIS (Pasukan Pengibar Bendera Sekolah). Seperti yang dilaksanakan di SMK Yasmida Ambarawa. paskibra sekolah termasuk salah satu ekskul yang sudah ada sejak dahulu, namun sempat fakum, dan pada tahun ini sudah mulai dihiidupkan kembali.

Pada Sabtu malam minggu tepatnya pada tanggal 7 september 2019 Paskibra SMK Yasmida Ambarawa melaksanakan kegiatna diklat untuk angkatan pertama. Dalam pelaksanaan dibuka langsung oleh Kepala SMK Yasmida Ambarawa, Bapah Heri Susanto, S.Pd.
Ekskul paskibra sekolah ini saat ini dikatakan ekskul yang baru, dan untuk saat ini dibina  oleh Kak Muntaha Habibilah. "Paskibra ini sudah lama tiarap, saya mengamanahkan kepada Kak Muntaha Habibilah untuk menghidupkan kembali ekskul ini" Ucap Bapak Heri Susanto saat sambutan.

Setelah proses diklat ini bukan berarti akhir dari perjuangan untuk peserta, namun ini adalah awal perjuangan mereka, dan mereka akan mendapatkan berbagai tugas, seperti yang dikatakan oleh Bapak Heri Susanto, " Setelah kalian melaksanakan diklat ini, saya minta kalian membuat program kerja paskibra, untuk satu tahun kedepan, dan program kerja ini harus menarik dan tidak membosankan, karena sebenarnya  paskibra itu tidak hanya baris atau PBB, maka kalian harus membaut PROGJA yang  menarik." Ucapnya.

Peserta dari kegiatan diklat ini diikuti oleh siswa/i kelas XI SMK Yasmida Ambarawa dengan jumlah 18 Orang, yang terdiri dari 8 peserta putra dan 10 peserta putri, yang dilaksanakan di Gedung SMK Yasmida Ambarawa.

Diklat Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa
Diklat Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa

"Kegiatan diklat itu penting, karena kalian disini dilatih untuk menjadi kadar seorang pemimpin, jika kita ibaratkan di dunia wayang itu disebut dengan Kawah Candra Dimuka, disana akan ditempa dansebagainya, sehingga setelah keluar dari kawah Candra Dimuka Gatot Kaca itu disebut Otot Kawat Balung Besi" Ucap Bapak Heri Susanto menjelaskan pentingya kegiatan diklat.

Berbagai materi diberikan kepada peserta diklat, sepeti materi kepaskibraan yang di sampaikan oleh Kak Suanto, Materi Kepemimpinan dismapaikan oleh Kak Bekti Sunanda, dan materi Helantri disampaikan langsung oleh Kak Muntaha Habibillah.

Selain materi, dipagi hari peserta juga melaksanakan senam pagi, tentunya untuk menumbuhkan semangat diakhit kegiatan. 

Diklat Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa
Diklat Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa

Setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama dan sayonara, pulang kerumah masing masing. Semangat selalu Paskibra Sekolah SMK Yasmida Ambarawa.

Posting Komentar

0 Komentar