Pembukaan PKK & PKW Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu

Pembukaan PKK Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu
Pembukaan PKK Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu

PKK (Program Kecakapan Kerja) dan PKW (Program Kecakapan Wirausaha)  merupakan program yang sangat baik, karen hal ini sangat berguna untuk menambah keahlian yang mengikuti program ini. Untuk mencapai target yang diinginkan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, kementerinan pendidikan dan Kebudayaan RI dan sejumlah lembaga kursus di kabupaten Pringsewu.

Dalam proses pembukaan, dibuka langsung oleh Bupati Pringsewu, yaitu Bapak H. Sujadi, pada Kamis, 5 September 2019 di Aula Utama Kantor Sekretaris Pemerintah Kabupaten Peingsewu. Selain itu, dihadiri juga oleh kadis pendidikan dan kebudayaan Kabupaten  Pringsewu, H. Heri Iswahyudu dan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir. Suheriyanto, dan kepala BP-PAUD DIKMAS Prov. Lampung.

Pembukaan PKK Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu
Pembukaan PKK Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu

Berbagai jenis kegiatan dilaksanakan, seperti sambutan-sambutan, penyematan secara simbolis kepada beberapa peserta PKK, dan foto bersama. Peseta dari kegiatan PKK ini diikuti oleh berbagai LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Pembukaan PKK Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu
Pembukaan PKK Dilaksanakan Bersama dan Dibuka Langsung Oleh Bupati Pringsewu
PKK sangatlah bermanfaat, apalagi untuk orang-orang yang masih awam, karena mereka bisa mendapatkan ilmu yang sangat berguna untuk mereka sendiri di kemudian hari. Semoga sukses selalu untuk seluruh LKP yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Dikutip oleh setda.pringsewukab.go.id menjelaskan dalam sambutan, Bapak H. Sujadi mengatakan siapa yang mampu dan menguasai teknologi dialah yang meguasanu dunia “Presiden Jokowi sendiri memiliki program pembangunan SDM disamping pembangunan infrastruktur. Kegiatan kita inipun merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah tersebut yakni dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kita,” katanya.

Sementara itu, mewakili Kepala Badan Pendidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Lampung, pamong belajar BP-PAUD DIKMAS Provinsi Lampung Dra.Atriani mengatakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) merupakan program layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten pada bidang keterampilan sesuai kebutuhan, sehingga dapat memanfaatkan secara optimal peluang-peluang kerja yang terbuka pada era MEA. “Melalui program ini, peserta didik dibekali keterampilan sesuai kebutuhan dan dikembangkan etos kerjanya, sehingga setelah menyelesaikan program, peserta didik juga dibantu dan dibimbing oleh lembaga penyelenggara program untuk mengakses lapangan kerja yang tersedia sampai mereka dapat bekerja,” katanya.

Sistem pelaksanaak pembelajaran untuk PKK ataupun PKW, akan dilaksanakan selama 200 jam, yang terbagi dari teori dan praktik, yaitu 80% praktik dna 20% teori, setelah peserta melaksanakan pelatihan, mereka juga diberi waktu untuk melaksanakan magang di berbagai tempat kerja seperti di sekolah, atau tempat lainya.

Kegaitna PKK dan PKW pada tahun 2019 diikuti oleh 7 LKP yang ada di Kabupaten Pringsewu, yaitu 20 peserta dari Zero Com dengan jenis keterampilan aplikasi perkantoran, 40 peserta dai LKP Bina Dharma Komputer Jenis keterampilan aplikasi perkantoran dan desain grafis, 25 orang dari LKP Global Komputer dengan jenis keterampilan sama, kemudian 25 peserta dari LKP Sewu Com dengan jenis keterampilan aplikasi perkantoran, 20 peserta dari LKP Queen Course dengan jenis keterampilan desain grafis, 25 peserta dari LKP Al-Azka dengan jenis keterampilan aplikasi perkantoran, 20 peserta dari LKP H&S dengan jenis keterampilan tata busana dan menjahit, serta 20 peserta dari LKP Al-Anwar dengan jenis keterampilan pertanian budidaya jamur. 

Posting Komentar

0 Komentar