Arti Kata Routerboard, Router, dan Routing

Arti Kata Routerboard, Router, dan Routing

Kata diatas sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dibedakan, namun untuk para pemula seperti aku, aku sempet bingung sih beda apa enggak dari kata-kata diatas. Yah ternyata masih ada perbedaanya, dan pasti ada perbedaanya sih.

Langsung saja akan aku berikan perbedaanya, berikut adalah penjelasan simpelnya dan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Arti kata routerboard

Arti Kata Routerboard, Router, dan Routing
Arti Kata Routerboard, Router, dan Routing
 RouterBOARD merupakan hardware (Router) yang didesain oleh MikroTik. RouterBOARD memiliki beragam seri dan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan. RouterBOARD menggunakan RouterOS sebagai software / sistem operasinya. Beberapa contoh Routerboard ini diantaranya adalah RB400, RB600, R52H, R52N, R2N yang merupakan Wireless board dan RB750, RB450G, RB1000 yang merupakan Embeded (sistem minimum) Router.

Arti Kata Router

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.
Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.
Setelah ditelaah, routerboard dan router itu sama bro. Sama persis.

Arti Kata Routing

Arti Kata Routerboard, Router, dan Routing
Arti Kata Routerboard, Router, dan Routing
 Routing adalah proses pengiriman maupun pengambilan data atau informasi dengan meneruskan data ke jaringan lain yang berbeda, dengan routing bisa berkomunikasi walaupun berbeda network, maka diperlukan Router untuk melakukan routing.

Jenis-Jenis Routing Routing memiliki 3 jenis konfigurasi, yaitu :
  1. Routing Default
    adalah routing yang digunakan untuk mengirim paket secara manual, sering digunakan pada jaringan yang hanya memiliki satu jalur keluar atau hanya bisa digunakan di lokal saja.
  2. Routing Dinamis
    adalah router yang membuat tabel routing secara otomatis, dengan membaca lalu lintas jaringan dan tentu juga dengan saling berhubungan dengan router yang lain. Routing dinamis adalah routing yang paling mudah daripada routing default dan static.
  3. Routing Static
    adalah settingan router yang memiliki tabel static routing yang dibuat oleh administrator network

Penutup

Nah diatas adalah sedikit penjelasan yang bisa aku kasih ke kalian, pastinya kalian akan lebih mengerti tentang ketida kata diatas. Dan aku sadar bahwa aku masih banyak kekurangan, oleh karena itu aku ingin berbagi.
Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar